Rabu, 26 Januari 2011

sistem pendidikan di afrika selatan

Pendidikan di Afrika Selatan telah terjejas teruk akibat sistem aparteid yang mendiskriminasikan penduduk dari segi pendidikan. Sewaktu itu, penduduk kulit putih menerima pendidikan yang terbaik tetapi penduduk bukan kulit putih menerima pendidikan yang paling minimal. Di bawah kerajaan kulit hitam yang baru, pengasingan ini telah dimansuhkan dan semua orang tidak kira bangsa dan warna kulit berhak mendapat pendidikan yang sama.
PENDIDIKAN TRADISIONAL
Sebelum kedatangan orang kulit putih, pendidikan masyarakat Afrika menekankan aspek-aspek tradisi seperti kisah-kisah perwira dan pengkhianat serta kisah masyarakat atau "folktales". Dalam masyarakat Khoisan dan Bantu terutamanya, nilai-nilai budaya dan kemahiran hidup merupakan pendidikan penting yang diajari daripada satu generasi ke generasi yang lain.
Dalam masyarakat Nguni pula, pendidikan adalah berbeza mengikut jantina. Kaum lelakinya diajar kemahiran hidup oleh para cendikiawan berlatarbelakangkan militari, keugamaan dan dari pemimpin politik. Manakala kaum wanita, mendapat pendidikan tentang kemahiran berumahtangga dan pertanian.
Pendidikan tradisi semakin pupus selepas abad ke-19 dan 20, apabila polisi kerajaan kulit putih memaksa penduduk dewasa kulit hitam keluar dari perkampungan mereka dan bekerja di lombong dan kawasan industri.
KEDATANGAN SISTEM PENDIDIKAN BRITISH
Sekolah Eropah terawal di Afrika Selatan telah ditubuhkan di koloni Cape pada akhir abad ke-17 oleh para pegawai Gereja Reformasi Belanda. Sekolah-sekolah tersebut memainkan peranan yang terhad iaitu untuk pengesahan ahli gereja. Di kawasan pendalaman, guru-guru bergerak yang dkenali sebagai Meesters, mengajar asas kefahaman serta kemahiran matematik. Sekolah-sekolah mubaligh Inggeris mula berkembang pesat selepas 1799, bila ahli-ahli Persatuan Mubaligh London tiba di koloni ini.
Bahasa telah menjadi isu sensitif dalam pendidikan di negara ini. Sekurang-kurangnya dua dozen sekolah Inggeris beroperasi di kawasan pendalaman koloni Cape, tetapi kehadiran sekolah tersebut ditentang oleh bangsa Afrikaner, yang menganggap bahasa Inggeris serta kurikulumnya tidak relevan untuk masyarakat mereka. Justeru itu, ramai orang Afrikaner memilih untuk megajar anak mereka di rumah atau di gereja masing-masing. Namun demikian, orang kulit hitam di Afrika Selatan terutamanya puak Xhosa dan Nguni telah menerima pendidikan Inggeris. Pada 1877, hampir 60% kanak-kanak di Natal telah mendaftar di sekolah kebangsaan dan sekolah mubaligh Inggeris. Berlainan pula dengan wilayah-wilayah Afrikaner, pendaftaran pelajar amat rendah iaitu 12% di Orange Free State dan hanya 8% di Transvaal. Namun demikian pada akhir abad itu, pendaftaran pelajar mula bertambah selepas kerajaan memperkenalkan bahasa Afrikaan di sekolah-sekolah dan memberi lebih kuasa kepada Afrikaner untuk mengawal pendidikan rendah serta menengah. Pada akhir abad ke-19, tiga jenis sekolah telah mendapat bantuan kerajaan - iaitu sekolah sekolah pendalaman yang biasanya mempunyai seorang guru, sekolah-sekolah daerah dan beberapa sekolah menengah di bandar-bandar besar. Selepas itu juga, keempat-empat wilayah Afrikaner telah memansuhkan pendaftaran pelajar kulit hitam ke sekolah kerajaan dan mereka boleh belajar di sekolah mubaligh sahaja, dimana guru-gurunya terdiri dari pegawai-pegawai agama.
Pendidikan tinggi pula adalah terhad kepada orang kulit putih tetapi pada 1829 kerajaan menubuhkan institusi pendidikan pelbagai bangsa yang dikenali sebagai "South African College", kemudian menjadi "University of Cape Town". Pada 1852 pegawai-pegawai British di Transvaal dan Orange Free State telah mengiktiraf hak orang Afrikaner untuk menubuhkan institusi pendidikan tinggi mereka sendiri dan Gabenor British yang baru--Sir George Grey--telah memperuntukkan dana untuk membantu institusi tersebut. Pada 1855 kerajaan menubuhkan "Grey College"--kemudian dikenali sebagai "University of the Orange Free State"--di Bloemfontein dan diletak di bawah kuasa Gereja Reformasi Belanda. Setahun selepas itu, "Grey Institute" telah dibuka di Port Elizabeth; Graaff-Reinet College pula ditubuhkan pada 1860. Christian College telah dibuka di Potchefstroom pada 1869 dan kemudian digabungkan dengan "University of South Africa" dan ditukar nama menjadi "Potchefstroom University for Christian Higher Education".
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI AFRIKA SELATAN
Selepas berakhirnya Perang Afrika Selatan pada 1902, kerajaan British berusaha untuk memartabatkan bahasa Inggeris semula dalam sektor pendidikan di negara ini. Guru-guru Inggeris dari empayarnya seperti Australia dan New Zealand telah dibawa masuk untuk mengajar dalam bahasa Inggeris. Ramai orang Afrikaner terutamanya dari pihak gereja berasa tergugat dan ingin menangkis pengaruh British di Afrika Selatan. Lalu mereka mencadangkan program pendidikan baru iaitu Pendidikan Nasional Kristian, sebagai kurikulum teras untuk sekolah-sekolah. Pada mulanya kerajaan enggan menyokong institusi yang menggunakan program tersebut. Namun demikian Jan C. Smut, pemimpin Transvaal yang kemudiannya menjadi Perdana Menteri Afrika Selatan telah berusaha untuk menyatukan British dengan Afrikaner dan membenarkan program ini dijalankan di sekolah-sekolah.
Bahasa Afrikaans menjadi semakin penting selepas 1948 apabila Parti Kebangsaan (NP) berkuasa. Parti ini yang pro-Afrikaner telah membuat dasar pendidikan baru yang menghendaki semua graduan institusi tinggi menguasai kedua-dua bahasa iaitu Afrikaans dan Inggeris. Mereka juga menjadikan program Pendidikan Nasional Kristian sebagai falsafah pendidikan negara.
PENDIDIKAN DI BAWAH APARTEID
Akta Pendidikan Bantu (No. 47) 1953 telah meluaskan jurang pendidikan antara orang kulit putih dan bukan kulit putih. Dua arkitek pendidikan Bantu, Dr. W.M. Eiselen dan Dr. Hendrik F. Verwoerd, yang pernah belajar di Jerman telah menggunapakai banyak elemen falsafah parti National Socialist (Nazi) yang menekankan konsep ketulenan bangsa atau "racial purity". Konsep ini telah dijadikan rasional untuk membiarkan pendidikan penduduk kulit hitam berada di tahap yang paling rendah. Verwoerd, menteri penduduk pribumi pada waktu itu, berkata orang kulit hitam "perlu mendapat pendidikan yang setaraf dengan peluang hidup mereka," dan tiada tempat untuk mereka "selain menjadi pekerja buruh". Kerajaan juga mengawal ketat sekolah-sekolah mubaligh dan memberhentikan bantuan kewangan kepada sekolah tersebut yang mengakibatkan banyak sekolah-sekolah ini ditutup atau dijual kepada kerajaan.
"Christian National Education" menyokong program aparteid parti NP terutamnya penggunaan bahasa Afrikaans pada tahun-tahun pertama sekolah rendah dan mendiskriminasikan pendidikan berdasarkan perbezaan etnik. Sekolah-sekolah kaum kulit hitam bertambah pada 1960 tetapi kurikulumnya adalah untuk menyediakan mereka bekerja sebagai buruh kasar atau kuli. Pada 1970, per-kapita perbelanjaan kerajaan untuk pendidikan kulit hitam adalah satu persepuluh berbanding perbelanjaan pendidikan orang kulit putih. Sewaktu era aparteid, sekolah-sekolah untuk kulit hitam amat daif dari segi kemudahan, pengajar dan buku-buku teks. Sepuluh kementerian pendidikan berasingan telah ditubuhkan untuk mentadbir pendidikan dikesemua bantustan di negera ini. Walaupun perbelanjaan kerajaan untuk pendidikan kaum kulit hitam bertambah dengan banyaknya pada akhir 1980-an, pada akhir era aparteid pada 1994 perbelanjaan per kapita untuk pendidikan orang kulit putih masih tinggi iaitu empat kali ganda perbelanjaan untuk kaum kulit hitam; manakala perbelanjaan pendidikan untuk pelajar-pelajar Asia dan berwarna adalah hampir sama dengan kaum kulit putih.
KEKACAUAN DI SOWETO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AFRIKA SELATAN
Rusuhan pelajar tercetus pada 16 Jun, 1976 di Soweto, Johannesburg apabila Hendrik Verwoerd, Perdana Menteri ketika itu, menguatkuasakan peraturan yang menghendaki separuh daripada pelajar sekolah tinggi diajar dalam bahasa Afrikaans. Tindakan polis yang ganas, mengakibatkan kematian beberapa kanak-kanak, termasuk mereka semuda lapan dan sembilan tahun. Ia kemudiannya disusuli beberapa rusuhan yang lain, yang mengorbankan 575 nyawa. Daripada jumlah ini, 134 yang terkorban berusia dibawah lapanbelas tahun.
Penyokong remaja parti ANC meninggalkan sekolah mereka secara beramai-ramai dan bersumpah "menjadikan Afrika Selatan negara anarki" kerana mereka menolak sistem pendidikan secara aparteid. Sebahagian daripada mereka meninggalkan negara untuk mendapat latihan ketenteraan di kem-kem anjuran ANC di Angola, Tanzania, atau Timur Eropah. "Kebebasan sebelum pendidikan" menjadi laungan perang mereka.
Sekolah-sekolah telah mengalami kerosakaan yang teruk akibat rusuhan yang berlaku pada 1976. Perosak hartabenda awam dan arsonis telah memusnahkan sekolah serta hartabendanya. Malah, pelajar serta guru juga telah diserang dan pentadbir sekolah mempunyai kesukaran untuk meneruskan aktiviti di sekolah.
Akta Dasar Nasional untuk Hal Ehwal Awam (No. 76) 1984 telah memperbaiki pendidikan kulit hitam tetapi masih mengekalkan unsur pemisahan yang dianjurkan oleh sistem pendidikan Bantu. Akta tersebut telah memberi kuasa kepada Menteri Pendidikan Nasional untuk menentukan polisi am berkaitan silabus, pendidikan dan persijilan di semua institusi pendidikan sama ada yang formal mahupun yang tidak formal. Tetapi tanggungjawab bagi melaksanakan polisi ini dibahagikan antara pegawai dan jabatan kerajaan yang pelbagai, menyebabkan wujudnya pelbagai badan pendidikan yang berlainan. Sebagai contoh, Jabatan Pendidikan dan Latihan bertanggungjawab bagi pendidikan kulit hitam di luar tanah asal (homelands). Setiap tiga rumah bagi parlimen--bagi kulit putih, berwarna dan berbangsa India--mempunyai jabatan pendidikan bagi setiap satu kumpulan ras, dan setiap satu daripada sepuluh tanah asal (homelands) mempunyai jabatan pendidikan mereka sendiri. Tambahan lagi, beberapa jabatan kerajaan lain turut mengendali aspek khusus pendidikan.
Pendidikan adalah wajib bagi semua kumpulan ras, tetapi pada usia berlainan, dan undang-undang dilaksanakan secara berbeza. Mereka yang berkulit putih diwajibkan menghadiri sekolah antara usia tujuh dan enam belas. Mereka yang berkulit hitam juga diwajibkan menghadiri sekolah antara usia tujuh hingga bersamaan gred tujuh atau usia enam belas tahun, tetapi undang-undang ini kurang dikuatkuasakan dan tidak semua kawasan mempunyai sekolah. Bagi mereka berbangsa Asia dan berwarna, mereka diwajibkan menghadiri sekolah antara usia tujuh dan lima belas.
Perbezaan taraf pendidikan antara kumpulan ras berlainan adalah begitu menonjol. Nisbah guru dengan pelajar di sekolah rendah purata 1:18 di sekolah kulit putih, 1:24 di sekolah Asia, 1:27 di sekolah warna, dan 1:39 di sekolah kulit hitam. Tambahan lagi, di mana 96 peratus semua guru di sekolah kulit putih memiliki sijil mengajar, hanya 15 peratus guru di sekolah kulit hitam mempunyai sijil. Kadar kelulusan sekolah menengah bagi pelajar kulit hitam peringkat kebangsaan kurang dari satu setengah dari kadar lulus bagi kulit putih.
Ketika kerajaan melaksanakan undang-undang 1984 ini, keganasan terbaru meletus sebagai tindak balas kepada pembaharuan perlembagaan terhad yang terus menyingkir penduduk kulit hitam. Akhirnya, kerajaan menyedari hakikat bahawa aparteid tidak mampu bertahan dan pada 1986 Presiden P.W. Botha mengaku bahawa konsep aparteid adalah satu yang sudah "lapuk". Lama-kelamaan jurang perbelanjaan pendidikan antara ras-ras yang berbeda semakin berkurangan dan peraturan aparteid dalam pendidikan turut dilonggarkan.
SISTEM PENDIDIKAN SETELAH ERA APARTEID
Merombak kembali sistem pendidikan merupakan cabaran paling getir yang dihadapai kerajaan selepas undang-undang aparteid dibatalkan pada 1990-an. Presiden F.W. de Klerk, dalam ucapannya di Parlimen pada Januari 1993, menegaskan perlunya satu sistem persekolahan yang tidak berdasarkan ras atau bangsa dengan fleksibiliti yang cukup untuk mengekalkan nilai-nilai agama dan budaya serta bahasa tempatan masing-masing. Beliau kemudian menubuhkan Education Co-ordination Service untuk mengurus pendidikan negara secara nasional dan mengambil alih sistem birokrasi pelbagai yang sedia ada hasil daripada pendidikan regim aparteid.
Pada Ogos 1993, de Klerk telah menghimpun pakar-pakar pendidikan yang unggul dalam sebuah forum yang dikenali National Education and Training Forum untuk merangka polisi penyusunan semula pendidikan nasional. Apabila sesi tahun baru sekolah bermula pada Januari 1995, semua sekolah rendah dan menengah kerajaan telah diintegrasikan tanpa sebaran keganasan. Namun polisi yang baru ini agak sukar dilaksanakan dan berbagai jawatankuasa dan undang-undang telah diwujudkan untuk memantapkan perlaksanaannya. Walaupun begitu, adalah jelas bahawa sistem pendidikan baru ini adalah berlandaskan prinsip-prinsip yang berikut:
• Persaksamaan
• Penyatuan
• Pendemokrasian
• Berbilang budaya
• Fokus utama pendidikan adalah untuk membangun bakat semua penduduk, dengan beberapa objektif masyarakat tertentu seperti pertumbuhan ekonomi sebagai objektif paling utama.
Demi mencapai objektif ini dua reformasi besar-besaran perlu dilaksanakan:
• Pertamanya, pendidikan berdasakan pemerolehan kemahiran (pendidikan berdasarkan hasil) dan kurikulum berkaitan (yang dipanggil Curriculum 2005), yang akan menggantikan sistem pra-1994 iaitu kurikulum berlandaskan kandungan; dan
• Keduanya mewujudkan satu jaringan yang menggalakan pendidikan sepanjang hayat dan latihan untuk semua.
SUMBER :
http://ms.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Afrika_Selatan
Education in South Africa: 10 years after 1994

Kamis, 06 Januari 2011

ulhen tugas

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Alam, biasa disingkat IPA, adalah sebuah mata pelajaan yang mempelajari ilmu alam untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Namun berbeda pada istilah yang terdapat di sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMU) dan perguruan tinggi, kata IPA lebih dikenal sebagai salah satu penjurusan kelas yang secara khusus lebih memfokuskan untuk membahas ilmu-ilmu eksakta. Dalam ilmu pengetahuan, istilah ilmu pengetahuan alam merujuk kepada pendekatan logis untuk mempelajari alam semesta. Ilmu pengetahuan alam mempelajari alam dengan menggunakan metode-metode sains. Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan metode sains untuk mempelajari perilaku manusia dan masyarakat, ataupun ilmu pengetahuan formal seperti matematika.

Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains (science) diambil dari kata latin yaitu Scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan, tetapi kemudian berkembang menjadi khusus Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint".

Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.

Ilmu berkembang dengan pesat, yang pada dasarnya ilmu berkembang dari dua cabang utama yaitu filsafat alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam (the natural sciences) dan filsafat moral yang kemudian berkembang ke dalam ilmu-ilmu sosial (the social sciences). Ilmu-ilmu alam membagi menjadi dua kelompok yaitu ilmu alam (the physical sciences) dan ilmu hayat (the biological sciences). Ilmu alam ialah ilmu yang mempelajari zat yang membentuk alam semesta sedangkan ilmu hayat mempelajari makhluk hidup didalamnya. Ilmu alam kemudian bercabang lagi menjadi fisika (mempelajari massa dan energi), kimia (mempelajari substansi zat), astronomi (mempelajari benda-benda langit dan ilmu bumi), (the earth sciences) yang mempelajari bumi kita.

B. RUMUSAN MASALAH

Pendidikan memiliki tujuan yang sebenarnya, yaitu menciptakan atau mengubah manusia menuju yang lebih baik. Seperti yang kita ketahui, bahwa pendidikan itu bermacam-macam. Ada yang khusus mempelajari ilmu sosial dan ada yang mempelajari ilmu alam atau yang biasa dikenal dengan ilmu pasti (MIPA). Jadi Apa Hakikat Ilmu Alam (MIPA) Sebenarnya?

C. TUJUAN

Setiap tindakan yang kita lakukan pasti ada alasan dan tujuannya. Seperti pada pembahasan masalah pendidikan MPA ini. Salah satu tujuannya yaitu bagaimana kita mengenal lebih dekat tentang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Kemudian hakikat kita melakukan pembelajaran MIPA. Serta masalah-masalah pendidikan mipa serta solusihnya.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Hakikat Pembelajan IPA

Pada dasarnya manusia ingin tahu lebih banyak tentang IPA atau Sains, antara lain sifat sains, model sains, dan filsafat sains. Pada saat setiap orang mengakui pentingnya sains dipelajari dan dipahami, tidak semua masyarakat mendukung. Pada umumnya siswa merasa bahwa sains sulit, dan untuk mempelajari sains harus mempunyai kemampuan memadai seperti bila akan menjadi seorang ilmuan. Ada tiga alasan perlunya memahami sains antara lain, pertama bahwa kita membutuhkan lebih banyak ilmuan yang baik, kedua untuk mendapatkan penghasilan, ketiga karena tiap kurikulum menuntut untuk mempelajari sains.

Mendefinisikan sains secara sederhana, singkat dan yang dapat diterima secara universal sangat sulit dibandingkan dengan mendefinisikan ilmu-ilmu lain. Beberapa ilmuwan memberikan definisi sains sesuai dengan pengamatan danpemahamannya. Carin mendefinisikan science sebagai The activity of questioning and exploring the universe and finding and expressing it’s hidden order, yaitu “Suatu kegiatan berupa pertanyaan dan penyelidikan alam semesta dan penemuan dan pengungkapan serangkaian rahasia alam”. Sains mengandung makna pengajuan pertanyaan, pencarian jawaban, pemahaman jawaban, penyempurnaan jawaban baik tentang gejala maupun karakteristik alam sekitar melalui cara-cara sistematis. Belajar sains tidak sekedar belajar informasi sains tentang fakta, konsep, prinsip, hukum dalam wujud pengetahuan deklaratif, akan tetapi belajar sains juga belajar tentang cara memperoleh informasi sains, cara sains dan teknologi bekerja dalam bentuk pengetahuan prosedural, termasuk kebiasaan bekerja ilmiah dengan metode ilmiah dan sikap ilmiah.


Berdasarkan definisi yang telah dikemukakan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa sains selain sebagai produk juga sebagai proses tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pernyataan di atas selaras dengan pendapat Carin yang menyatakan bahwa sains sebagai produk atau isi mencakup fakta, konsep, prinsip, hukum-hukum dan teori sains. Fakta merupakan kegiatan-kegiatan empiris didalam sains dan konsep, prinsip, hukum-hukum, teori merupakan kegiatan-kegiatan analisis didalam sains. Sebagai proses sains dipandang sebagai kerja atau sesuatu yang harus dilakukan dan diteliti yang dikenal dengan proses ilmiah atau metode ilmiah, melalui keterampilan menemukan antara lain, mengamati, mengklasifikasi, mengukur, menggunakan keterampilan spesial, mengkomunikasikan, memprediksi, menduga, mendefinisikan secara operasional, merumuskan hipotesis, menginterprestasikan data, mengontrol variabel, melakukan eksperimen. Sebagai sikap sains dipandang sebagai sikap ilmiah yang mencakup rasa ingin tahu, berusaha untuk membuktikan menjadi skeptis, menerima perbedaan, bersikap kooperatif, menerima kegagalan sebagai suatu hal yang positif.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada hakekatnya sains terdiri atas tiga komponen, yaitu produk, proses, dan sikap ilmiah. Jadi tidak hanya terdiri atas kumpulan pengetahuan atau fakta yang dihafal, namun juga merupakan kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari rahasia gejala alam.

Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis deduktif dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif dengan menggunakan matematika serta dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri.

Melalui pelajaran fisika diharapkan para siswa memperoleh pengalaman dalam membentuk kemampuan untuk bernalar deduktif kuantitatif matematis berdasar pada analisis kualitatif dengan menggunakan berbagai konsep dan prinsip fisika. Dari uraian di atas dapat disimpulkan dalam pembelajaran fisika untuk meneliti masalah-masalah harus melalui kerja ilmiah, yang disebut metode ilmiah yaitu: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang dan melaksanakan ekperimen, menganalisis data pengamatan, serta menarik simpulan. Ilmu Pengetahuan Alam (sains) merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisir, tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah.

Hakekat Sains dan Pembelajaran Sains
Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskan diatas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisik), dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical sciences adalah ilmu-ilmu, astronomi, kimia, geologi, mineralogy, eteorologi, dan fisika. sedangkan life science meliputi astronomi, fisiologi, zoology, citologi, embriologi, mikrobiologi. IPA (Sains) berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tidak habis-habisnya. Dengan tersingkapnya tabir rahasia alam itu satu persatu, serta mengalirnya informasi yang dihasilkannya, jangkauan sains semakin luas dan lahirlah sifat terapannya, yaitu tekhnologi adalah lebar. Namun dari waktu jarak tersebut semakin lama semakin sempit, sehingga semboyan " Sains hari ini adalah tekhnologi hari esok" merupakan semboyan yang berkali-kali dibuktikan oleh sejarah. Bahkan kini Sains dan teknologi manunggal menjadi budaya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang saling mengisi
(komplementer), ibarat mata uang, yaitu satu sisinya mengandung hakikat Sains (the nature of Science) dan sisi yang lainnya mengandung makna teknologi (the meaning of technology).

IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler bahwa IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil obervasi dan eksperimen. Dari uraian di atas Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempunyai Obyek, menggunakan
metode Ilmiah sehingga perlu diajarkan di Sekolah Dasar. Setiap guru harus paham akan alasan mengapa sains perlu diajarkan di sekolah dasar. Ada berbagai alasan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasuk ke dalam kurikulum suatu sekolah. Usman Samatowa menegemukakan empat alasan sains dimasukan dikurikulum yaitu:

• Bahwa sains berfaedah Bagi suatu bangsa, kiranya tidak perlu dipersoalkan panjang lebar. Kesejahteraan materil suatu bangsa banyak sekali tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidang sains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut-sebut sebagai tulang punggung pembangunan. Pengetahuan dasar untuk teknologi ialah sains. Orang tidak menjadi Insinyur elektronika yang baik, atau dokter yang baik, tanpa dasar yang cukup luas mengenai berbagai gejala alam.
• Bila diajarkan sains menurut cara yang tepat, maka sains merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya sains diajarkan dengan mengikuti metode "menemukan sendiri". Dengan ini anak dihadapkan pada suatu masalah; umpamanya dapat dikemukakan suatu masalah demikian". Dapatkah tumbuhan hidup tanpa daun?" Anak diminta untuk mencari dan menyelidiki hal ini.
• Bila sains diajarkan melalui percobaan -percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak. maka sains tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka.
• Mata pelajaran ini mempunyai: nilai – nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk keprbadian anak secara keseluruhan. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum disetiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.


B. Metode Pembelajaran MIPA

MIPA dikenal sebagai suatu bidang yang harus dipelajari di sekolah. Memang disadari kalau MIPA sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Kemajuan MIPA akan berdampak bagi kemajuan transformasi masyarakat yang juga berhubungan dengan ekonomi dan sosial suatu bangsa. Namun kenyataannya, belajar MIPA sebagai sesuatu yang membosankan. Bikin pusing karena harus menghafal rumus-rumus yang panjang sedangkan belum tahu gunanya untuk apa.

Memang, kegiatan pembelajaran MIPA beberapa daerah (bahkan beberapa negara) hanya mengajarkan asumsi-asumsi saja yang akhirnya melahirkan siswa yang tidak memiliki dan pengertian tentang manfaat MIPA bagi kehidupannya. Siswa hanya menghafal rumus, istilah-istilah tanpa tahu guna dan aplikasinya di lingkungannya. Ruang belajar pun menjadi sempit karena hanya pada ruang kelas saja. Sehingga perlu ada sebuah pembelajaran MIPA berbasis budaya dimana siswa didorong untuk dapat memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai titik awal proses penciptaan makna.

Vygotsky dalam teori kontruktivismenya menjelaskan perlu adanya peran budaya dan masyarakat sebagai pengalaman awal proses belajar. Selanjutnya, Vygotsky juga menjelaskan penciptaan makna hanya akan terjadi melalui negosiasi makna antara siswa dengan guru dan siswa yang lain yang disebut dengan interaksi. Dengan demikian pembelajaran MIPA berdasarkan budaya memerlukan interaksi aktif dari siswa dan guru dengan berbagai sumber belajar dalam suatu komunitas budaya. Akhirnya pembelajaran MIPA berdasarkan budaya mensyaratkan adanya perubahan tradisi pembelajaran yang semula hanya dilakukan dengan satu metode saja yaitu DECAFA (Dengar, Catat, Hafal) menjadi tradisi mengeksplorasi berbagai sumber belajar dalam suatu komunitas budaya. Bisa saja misalnya belajar MIPA sambil memasak, atau belajar MIPA dengan menggunakan metode permainan anak-anak, atau mungkin dengan musik. Bergantung dengan konteks dan keberagaman sumber belajar yang ada. Konsep penilaian hasil belajar pembelajaran MIPA berdasarkan budaya adalah multiple representations yang berarti hasil belajar siswa dinilai melalui beragam tekhnik dan alat ukur, siswa pun mengekspresikan keberhasilannya dalam berbagai bentuk. Misalnya, banyak siswa yang takut menghadapi tes, tetapi sangat baik dalam mengarang atau menulis prosa, atau bahkan dalam menggambar kartun/komik. Siswa diberi kebebasan dalam mengekspresikan hasil kegiatan belajarnya tersebut. Sebelumnya guru memang harus mengetahui titik awal ketika belajar dan titik akhir belajar setiap siswa per individu. Sementara itu, upaya siswa menunjukkan keberhasilannya dalam proses penciptaan makna tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara wujud media. Misalnya dengan poster, puisi, lukisan, komik strip, catatan harian, laporan ilmiah penelitian pribadi, ukiran, patung, dan lain-lain. IPA sebagai ilmu terdiri dari produk dan proses. Produk IPA terdiri atas fakta (misalnya: orang menghirup udara dan mengeluarkan udara dari hidungnya, biji kacang hijau muncul hipokotil dan epikotilnya dan akan bertambah panjang ukurannya saat ditanam pada kapas yang disiram air), konsep ( misalnya: udara yang dihirup ke dalam paru-paru lebih banyak kandungan oksigennya dibandingkan udara yang dikeluarkan dari paru-paru, logam memuai bila dipanaskan), prinsip (misalnya: kehidupan memerlukan energi, benda tak hidup tidak mengalami pertumbuhan), prosedur (misal, pengamatan, pengukuran, tabulasi data, analisis data) teori, (misalnya: teori evolusi, teori asal mula kehidupan), hukum dan postulat ( misal, hukum Boyle, Archimedes, Postulat Kock). Semua itu merupakan produk yang diperoleh melalui serangkaian proses penemuan ilmiah melalui metoda ilmiah yang didasari oleh sikap ilmiah.


Ditinjau dari segi proses, maka IPA memiliki berbagai keterampilan IPA, misalnya:
• Menegidentifikasi dan menentukan variabel tetap/bebas dan variabel berubah/tergayut,
• Menentukan apa yang diukur dan diamati,
• Keterampilan mengamati menggunakan sebanyak mungkin indera (tidak hanya indera penglihat), mengumpulkan fakta yang relevan, mencari kesamaan dan perbedaan, mengklasifikasikan,
• Keterampilan dalam menafsirkan hasil pengamatan seperti mencatat secara terpisah setiap jenis pengamatan, dan dapat menghubung-hubungkan hasil pengamatan,
• Keterampilan menemukan suatu pola dalam seri pengamatan, dan keterampilan dalam mencari kesimpulan hasil pengamatan,
• Keterampilan dalam meramalkan apa yang akan terjadi berdasarkan hasil-hasil pengamatan, dan
• Keterampilan menggunakan alat/bahan dan mengapa alat/bahan itu digunakan.
• Selain itu adalah keterampilan dalam menerapkan konsep, baik penerapan konsep dalam situasi baru, menggunakan konsep dalam pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi, maupun dalam menyusun hipotesis.

Keterampilan IPA juga menyangkut keterampilan dalam berkomunikasi seperti :
• Keterampilan menyusun laporan secara sistematis,
• Menjelaskan hasil percobaan atau pengamatan,
• Cara mendiskusikan hasil percobaan,
• Cara membaca grafik atau tabel, dan
• Keterampilan mengajukan pertanyaan, baik bertanya apa, mengapa dan bagaimana,

Maupun bertanya untuk meminta penjelasan serta keterampilan mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis. Jika aspek-aspek proses ilmiah tersebut disusun dalam suatu urutan tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi, maka rangkaian proses ilmiah itu menurut Towle menjadi suatu metode ilmiah. Rezba dkk. Mendeskripsikan keterampilan proses IPA yang harus dikembangkan pada diri peserta didik mencakup kemampuan yang paling sederhana yaitu mengamati, mengukur sampai dengan kemampuan tertinggi yaitu kemampuan bereksperimen. Menurut Bryce dkk. keterampilan proses IPA mencakup keterampilan dasar (basic skill) sebagai kemampuan yang terendah, kemudian diikuti dengan keterampilan proses (process skill). Sebagai keterampilan tertinggi adalah keterampilan investigasi (investigation skill).

Keterampilan dasar mencakup:
• Melakukan pengamatan (observational skill),
• Mencatat data (recording skill),
• Melakukan pengukuran (measurement skill),
• Mengimplementasikan prosedur (procedural skill), dan
• Mengikuti instruksi (following instructions).

Keterampilan proses meliputi:
a. Menginferensi (skill of inference) dan
b. Menyeleksi berbagai cara/prosedur (selection of procedures).

Keterampilan investigasi berupa keterampilan merencanakan dan melaksanakan serta melaporkan hasil investigasi. Keterampilan tersebut juga harus didasari oleh sikap ilmiah seperti sikap antusias, ketekunan, kejujuran, dan sebagainya. Mengingat dari perkembangan mental peserta didik SMP/MTs menurut Piaget,Carin dan Sund, sebagian besar pada taraf transisi dari fase konkrit ke fase operasi formal, maka diharapkan sudah mulai dilatih untuk mulai mampu berpikir abstrak. Oleh karena itu, pembelajaran IPA di SMP terutama di kelas III hendaknya sudah mengenalkan peserta didik kepada kemampuan untuk mulai melakukan investigasi/ penyelidikan walaupun sifatnya masih sangat sederhana.Setidaknya, peserta didik sudah mulai dilatih untuk merencanakan pengamatan/percobaan sederhana, mengidentifikasi variabel, merumuskan hipotesis berdasar pustaka bukan sekedar menurut dugaan yang rasional berdasar logika, mampu melakukan dan melaporkan percobaan/pengamatan baik secara tertulis maupun lisan. Jika hal seperti itu dibiasakan maka hasil belajar yang dapat dicapai benar-benar akan memuat unsur kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk peserta didik sekolah menengah dalam konteks melakukan penyelidikan/investigasi sederhana, peserta didik seharusnya sudah dilatih bagaimana ia harus mengorganisasi data untuk menjawab pertanyaan, atau bagaimana ia dapat mengorganisasi kejadian-kejadian untuk dijadikan alasan pembenar yang paling kuat. Selain itu, proses IPA juga mencakup kemampuan untuk mengkomunikasikan baik secara tertulis berupa pembuatan tulisan/karangan, pemberian label, menggambar, melengkapi peta konsep,mengembangkan/ melengkapi petunjuk kerja, membuat grafik dan mengkomunikasikan secara lisan kepada orang lain.

Menurut DES (Cavendish, at all) proses IPA untuk sekolah menengah sudah berbeda dengan sekolah dasar, yaitu meliputi:
kegiatan melakukan observasi,
• memilih kegiatan observasi yang relevan dengan investigasi/penyelidikannya untuk dipelajari lebih lanjut,
• menemukan dan mengidentifikasi pola-pola baru dan menghubungkannya dengan pola-pola yang sudah ada,
• menyarankan dan menilai penjelasan-penjelasan dari pola-pola yang ada, mendesain dan melaksanakan percobaan, termasuk melakukan berbagai pengukuran untuk menguji pola-pola yang ada, mengkomunikasikan (baik secara verbal, dalam bentuk matematika, atau grafik) dan menginterpretasi tulisan-tulisan dan bahan ajar lainnya,
• memakai peralatan dengan efektif dan hati-hati,
• menggunakan pengetahuan untuk melaksanakan investigasi,
• menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan problem-problem yang berkait dengan teknologi.

Mengingat demikian luasnya kawasan kajian keilmuan IPA berdasar ragam obyek, ragam tingkat organisasi, dan ragam tema persoalannya, maka dalam membelajarkan peserta didik untuk menguasai IPA bukan pada banyaknya konsep yang harus dihafal, tetapi lebih kepada bagaimana agar peserta didik berlatih menemukan konsep-konsep IPA melalui metode ilmiah dan sikap ilmiah, dan peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah, termasuk dalam hal meningkatkan kreativitas dan mengapresisasi nilai-nilai.

Karakteristik Peserta Didik

Peserta didik adalah manusia dengan segala fitrahnya. Mereka mempunyai perasaan dan pikiran serta keinginan atau aspirasi. Mereka mempunyai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi (pangan, sandang, papan), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi dirinya (menjadi dirinya sendiri sesuai dengan potensinya).
Dalam tahap perkembangannya, peserta didik SMP berada pada tahap periode perkembangan yang sangat pesat, dari segala aspek. Berikut ini disajikan perkembangan yang sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, yaitu perkembangan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.
1. Perkembangan Aspek Kognitif
Menurut Piaget, periode yang dimulai pada usia 12 tahun, yaitu yang lebih kurang sama dengan usia peserta didik SMP, merupakan ‘period of formal operation’. Pada usia ini, yang berkembang pada peserta didik adalah kemampuan berfikir secara simbolis dan bisa memahami sesuatu secara bermakna (meaningfully) tanpa memerlukan objek yang konkrit atau bahkan objek yang visual. Peserta didik telah memahami hal-hal yang bersifat imajinatif. Implikasinya dalam pembelajaran IPA bahwa belajar akan bermakna kalau input (materi pelajaran) sesuai dengan minat dan bakat peserta didik . Pembelajaran IPA akan berhasil kalau penyusun silabus dan guru mampu menyesuaikan tingkat kesulitan dan variasi input dengan harapan serta karakteristik peserta didik sehingga motivasi belajar mereka berada pada tingkat maksimal. Pada tahap perkembangan ini juga berkembang ketujuh kecerdasan dalam Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Gardner (1993), yaitu:
1. Kecerdasan linguistik (kemampuan berbahasa yang fungsional),
2. Kecerdasan logis-matematis (kemampuan berfikir runtut),
3. kecerdasan musikal (kemampuan menangkap dan menciptakan pola nada dan irama),
4. Kecerdasan spasial (kemampuan membentuk imaji mental tentang realitas),
5. Kecerdasan kinestetik-ragawi (kemampuan menghasilkan gerakan motorik yang halus),
6. Kecerdasan intra-pribadi (kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan mengembangkan rasa jati diri),
7. Kecerdasan antarpribadi (kemampuan memahami orang lain).

Di antara ketujuh macam kecerdasan ini sesuai dengan karakteristik keilmuan IPA akan dapat berkembang pesat dan bila dapat dimanfaatkan oleh guru IPA untuk berlatih mengeksplorasi gejala alam, baik gejala kebendaan maupun gejala kejadian/peristiwa guna membangun konsep IPA.

2. Perkembangan Aspek Psikomotor

Aspek psikomotor merupakan salah satu aspek yang penting untuk diketahui oleh guru. Perkembangan aspek psikomotor juga melalui beberapa tahap. Tahap-tahap tersebut antara lain.

a. Tahap Kognitif
Tahap ini ditandai dengan adanya gerakan-gerakan yang kaku dan lambat. Ini terjadi karena peserta didik masih dalam taraf belajar untuk mengendalikan gerakan-gerakannya. Dia harus berpikir sebelum melakukan suatu gerakan. Pada tahap ini peserta didik sering membuat kesalahan dan kadang-kadang terjadi tingkat frustasi yang tinggi.

b. Tahap Asosiatif
Pada tahap ini, seorang peserta didik membutuhkan waktu yang lebih pendek untuk memikirkan tentang gerakan-gerakannya. Dia mulai dapat mengasosiasikan gerakan yang sedang dipelajarinya dengan gerakan yang sudah dikenal. Tahap ini masih dalam tahap pertengahan dalam perkembangan psikomotor. Oleh karena itu, gerakan-gerakan pada tahap ini belum merupakan gerakan-gerakan yang sifatnya otomatis. Pada tahap ini, seorang peserta didik masih menggunakan pikirannya untuk melakukan suatu gerakan tetapi waktu yang diperlukan untuk berpikir lebih sedikit dibanding pada waktu dia berada pada tahap kognitif. Dan karena waktu yang diperlukan untuk berpikir lebih pendek, gerakan-gerakannya sudah mulai tidak kaku.

c. Tahap Otonomi
Pada tahap ini, seorang peserta didik telah mencapai tingkat autonomi yang tinggi. Proses belajarnya sudah hampir lengkap meskipun dia tetap dapat memperbaiki gerakan-gerakan yang dipelajarinya. Tahap ini disebut tahap autonomi karena peserta didik sudah tidak memerlukan kehadiran instruktur untuk melakukan gerakan-gerakan. Pada tahap ini, gerakangerakan telah dilakukan secara spontan dan oleh karenanya gerakan-gerakan yang dilakukan juga tidak mengharuskan pembelajar untuk memikirkan.


3. Perkembangan Aspek Afektif
Keberhasilan proses pembelajaran IPA juga ditentukan oleh pemahaman tentang perkembangan aspek afektif peserta didik . Ranah afektif tersebut mencakup emosi atau perasaan yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Bloom memberikan definisi tentang ranah afektif yang terbagi atas lima tataran afektif yang implikasinya dalam peserta didik SMP lebih kurang sebagai berikut:

• Sadar akan situasi, fenomena, masyarakat, dan objek di sekitar
• Responsif terhadap stimulus-stimulus yang ada di lingkungan mereka bisa menilai
• Sudah mulai bisa mengorganisir nilai-nilai dalam suatu sistem, dan menentukan hubungan di antara nilai-nilai yang ada
• Sudah mulai memiliki karakteristik dan mengetahui karakteristik tersebut dalam bentuk sistem nilai.

Pemahaman terhadap apa yang dirasakan dan direspon, dan apa yang diyakini dan diapresiasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam teori pemerolehan bahasa kedua atau bahasa asing. Faktor pribadi yang lebih spesifik dalam tingkah laku peserta didik yang sangat penting dalam penguasaan berbagai materi pembelajaran, yang meliputi:

• Self-esteem, yaitu penghargaan yang diberikan seseorang kepada dirinya sendiri.
• Inhibition, yaitu sikap mempertahankan diri atau melindungi ego.
• Anxiety (kecemasan), yang meliputi rasa frustrasi, khawatir, tegang, dan sebagainya.
• Motivasi, yaitu dorongan untuk melakukan suatu kegiatan.
• Risk-taking, yaitu keberanian mengambil risiko.
• Empati, yaitu sifat yang berkaitan dengan pelibatan diri individu pada perasaan oranglain.

Dengan demikian, selain harus mempertimbangkan miskonsepsi yang dimiliki oleh setiap siswa sebelum mendapatkan pembelajaran, guru juga harus mempertimbangkan penalaran formal yamg berbeda-beda yang dimilki oleh siswa. Hal ini dapat dilaksanakan dengan baik bila informasi tentang penalaran formal siswa sudah dimiliki oleh guru. Piaget menyatakan bahwa anak-anak dianggap siap mengmbangkan konsep khusus jika memperoleh skemata yang diperlukan.
C. Keterkaitan Mipa Dalam Tekhnologi Dan Masyarakat

Tanpa mengesampingkan ilmu pengetahuan sosial, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) merupakan basis bagi pengembangan tekhnologi dan industri. Oleh karena itu pendidikan yang globally competitive tentunya berlandaskan pada konsep broad based dalam pengertian sebagaimana telah diungkapkan di atas sehingga selain mempunyai keterampilan bekerja (siap kerja) lulusan peserta didik akan memiliki kemampuan yang cukup untuk mengembangkan karir akademiknya. Matematika adalah ilmu yang mempelajari logika dari kuantitas, bentuk dan susunan (pola). Ilmu matematika dapat dikelompokkan atas empat kelompok bidang fundamental yang saling terkait, yaitu aljabar, foundation of mathematics (logika), analisis, dan geometri. Di luar itu terdapat bidang statistic (dan peluang) yang memiliki banyak aplikasi di berbagai cabang ilmu. Matematika seringkali dipandang sebagai bahasa ilmu pengetahuan/sains (khususnya sains alam), yaitu pengetahuan manusia tentang perilaku alam. Perilaku umum tersebut diungkapkan dalam sains sebagai hukum-hukum dasar sains. Ada sejumlah karakteristik umum yang dijumpai, baik pada alam hayati maupun non-hayati, yaitu universalitas, keberagaman, evolusi/perubahan terhadap waktu, keberlangsungan, dan interaksi.

Beberapa Konsep Teknologi

• Model adalah suatu penggambaran, suatu permasalahan secara kuantitatif, seringkali dalam bentuk matemetika.
• Kriteria adalah tujuan atau sasaran dalam pengambilan keputusan. Dalam suatu desain, kita mempunyai sasaran-sasaran, yang merupakan tujuan pokok dari desain tersebut.
• Pembatasan adalah factor-faktor yang harus diperhitungkan dalam desain atau pengambilan keputusan tersebut.
• Optimasi adalah pencarian solusi (penyelesaian) yang paling baik atau optimum, setelah permasalahan dirumuskan dalam bentuk model dengan memperhatikan sasaran dan memperhitungkan pembatasan-pembatasannya.

Konsep-konsep IPA yang Mendukung Perkembangan Teknologi
Beberapa konsep IPA yang sangat penting dalam mendorong kemajuan IPA dan teknologi, antara lain: 1) Metode ilmiah dan 2) Definisi operasional
Norman Campell mengemukakan bahwa IPA terdiri dari dua aspek yang tidak dapat dipisahkan, bagai mata uang dengan kedua sisinya:
- “Practical Science” merupakan IPA yang bermanfaat dalam kehidupan masyarakat melalui teknologi.
- “ Pure Science” merupakan IPA yang tidak bermanfaat langsung bagi kehidupan, tetapi mengndung nilai intelektual.
Apa yang secara langsung kita pelajari dari IPA adalah Aspek “Pure sience” tersebut dikenal dengan “ilmu dasar” kita kenal ilmu terapan ( applied Science).
Tujuan kegiatan keilmuan dalam ilmu terapan bukannya demi kemajuan ilmu itu sendiri melainkan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi manusia. Jadi berbeda dengan ilmu dasar yang tujuannya ialah untuk mengetahui lebih banyak dan memahami lebih mendalam tentang alam dan segenap isinya.
Hasil-hasil yang telah dicapai ilmu dasar menawarkan kepada kita sederatan/ pilihan. Tugas ilmu terapan untuk memilih dari antara alternative-alternative ini yang mana yang bisa dipakai untuk memecahkan persoalan praktis dalam masyarakat. Hasil-hasil kegiatan ilmu terapan itu masih harus dialih ragamkan (ditransformasikan) menjadi bahan atau peranti, prosedur, atau tekhnik pelaksanaan sesuatu proses pengolahan atau produksi. Transformasi ini biasanya disebut kegiatan pengembangan (development). Didalamnya termasuk perancangan industri (industrial design), yakni: mencari jalan pintas yang paling efisien dan paling murah serta paling aman untuk melaksanakan produksi massal dari produk (bahan peranti) yang prototipenya merupakan hasil-hasil kegiatan ilmu terapan.
Tindak lanjut dari hasil kegiatan pengembangan adalah teknologi. Jadi teknologi bisa dipandang sebagai penerapan ilmu. Kemana arah dan terhadap apa atau siapa penerapan iti dikenakan, amat tergantung pada kepentingan si penguasa teknologi itu dan nilai-nilai moral ethiknya.
Teknologi berasal dari kata’’ Techne’’ yang berarti seni atau keahlian atau ketrampilan. Pengertian sekarang, tecknologi merupakan cara manusia membuat atau melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya dengan mudah denagan efisien. Oleh karena itu teknologi harus dipelajari baik dalam bentuk ketrampilan maupun dalam bentuk aplikasi IPA
Jika teknologi itu diabaikan bagi kesejahtraan umat manusia dan terciptanya masyarakat yang adil, partisipatif dan lestari, teknologi itu amat tinggi nilai manfaatnya. Dalam artian ini ilmu melahirkan teknologi, jelas sangat dibutuhkan manusia untuk mengatasi masalah (berbagai masalah), seperti:
• -Masalah pangan
• -Masalah energi
• -Masalah kesehatan
• -Masalah transportasi
• -Masalah komunikasi
• -Masalah sandang
Penolakan ilmu, seperti yang dilakukan oleh gerakan-gerakan akan mendatangkan malapetaka bagi masyarakat manusia. Sebaliknya ditangan binatang ekonomi yang rakus dan tak segan-segan mengeksploitasi sesama manusia, atau dalam penguasaan kaum militer yang gila perang, ilmu dan teknologi merupakan ancaman yang amat menakutkan. Seperti yang dikemukakan oleh Francis Bacon, “ ilmu adalah kekuasaan”. Dan kalau ilmu adalah kekuasaan, maka teknologi itu adalah atas manusia, atas kebudayaan danm atas alam.

D. Permasalahan Pendidikan MIPA

Penguasaan Iptek merupakan kunci penting dalam abad 21 ini. Oleh karena itu, peserta didik perlu dipersiapkan untuk mengenal, memahami, dan menguasai Iptek dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya. Upaya untuk mempersiapkan hal itu memang sudah dilakukan melalui pendidikan formal, sesuai dengan Undang-undang No. 2 tahun 1989.

Pengantar Sains dan Teknologi pun sudah diajarkan sejak pendidikan dasar. Persiapan sedini mungkin sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dimasa depan yang secara kualitatif cenderung meningkat. Berbagai tantangan muncul, antara lain menyangkut peningkatan kualitas hidup, pemerataan hasil pembangunan, partisipasi masyarakat, dan kemampuan untuk mengembangkan sumber daya manusia. Pendidikan IPA sebagai bagian dari pendidikan umumnya memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya di dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menanggapi isu dimasyarakat yang diakibatkan oleh dampak perkembangan IPA dan tekhnologi.

Dewasa ini, pembelajaran IPA masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Aktivitas siswa dapat dikatakan hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Guru menjelaskan IPA hanya sebatas produk dan sedikit proses. Salah satu penyebabnya adalah padatnya materi yang harus dibahas dan diselesaikan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Padahal, dalam membahas IPA tidak cukup hanya menekankan pada produk, tetapi yang lebih penting adalah proses untuk membuktikan atau mendapatkan suatu teori atau hukum. Oleh karena itu, alat peraga/praktikum sebagai alat media pendidikan untuk menjelaskan. IPA sangat diperlukan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga sangat efektif untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai limiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan YME. Tujuan IPA secara umum adalah agar siswa memahami konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari,memiliki keterampilan tentang alam sekitar untuk mengembangkan pengetahuan tentang proses alam sekitar, mampu menerapkan berbagai konsep IPA untuk menjelaskan gejala alam dan mampu menggunakan teknologi sederhana untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan seharihari. Salah satu cara untuk dapat menciptakan sumber daya manusia berkualitas, guru dalam mengajar dapat menggunakan beberapa metode dan pendekatan. Dalam hal ini, pendekatan yang paling sesuai dengan perkembangan Iptek adalah pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM ), karena pendekatan ini memungkinkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menampilkan peranan Sains dan Teknologi didalam kehidupan masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA, guru dapat memulai dengan isu yang dikemukakan oleh siswa yang ada dimasyarakat.

Dengan menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA siswa tidak hanya sekedar menerima informasi dari guru saja, karena dalam hal ini guru sebagai motivator dan fasilitator yang mengarahkan siswa agar dapat memberikan saran-saran berdasarkan hasil pengamatannya dimasyarakat. Penguasaan konsep merupakan penguasaan terhadap abstraksi yang memiliki satu kelas atau objek-objek kejadian atau hubungan yang mempunyai atribut yang sama. Menurut Piaget pertumbuhan intelektual manusia terjadi karena adanya proses kontinyu yang menunjukkan equilibrium-disequilibrium, sehingga akan tercapai tingkat perkembangan intelektual yang lebih tinggi. Belajar akan menjadi efektif apabila kegiatan belajar sesuai dengan perkembangan intelektual anak. Selain itu, guru di dalam kelas perlu mengenal anak didik dan bakat khusus yang mereka milki agar dapat memberikan pengalaman pendidikan yang dibutuhkan oleh masing-masing siswa untuk dapat mengembangkan bakat mereka secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan.

Sikap yang terbentuk pada diri siswa terhadap mata pelajaran tentunya tergantung pada sikap gurunya terhadap mata pelajaran itu, dan bagaimana cara guru menyampaikan mata pelajaran itu. Apabila setiap mengajar guru bersikap positif dan baik, maka lambat laun siswa berada dalam kondisi belajar yang berkesan baik dan mendalam, sehingga terbentuk sikap positif terhadap mata pelajaran itu. Jika mata pelajaran tersebut adalah IPA maka akan terbentuklah sikap yang positif terhadap IPA.

Karena belajar bukan sekedar untuk memahami tentang sesuatu fakta tertentu melainkan bagaimana menginteprestasikan fakta-fakta tersebut kedalam konteks kehidupan pribadi. Seperti yang dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut :

1. Suharsimi Arikunto, bahwa sebenarnya sikap merupakan bagian dari tingkah laku manusia sebagai gejala atau gambaran kepribadian yang memancar keluar.
2. Menurut Wynne Harlen dalam Hendro Darmodjo dan Yenny Kaligis, ada 9 aspek sikap ilmiah yang dapat dikembangkan pada anak usia SD yaitu
• Sikap ingin tahu (curiousity);
• Sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru (originality)
• Sikap kerja sama (cooperation),
• Sikap tidak putus asa (perseverense),
• Sikap tidak berprasangka (open mendidness),
• Sikap mawas diri (self criticism),
• Sikap bertanggung jawab (responsibility),
• Sikap berpikir bebas (independence in thinking), dan
• Sikap kedisiplinan diri (self discipline)

Pendidikan sains dengan menggunakan pendekatan STM adalah suatu bentuk pengajaran yang tidak hanya menekankan pada penguasaan konsep-konsep sains saja tetapi juga menekankan pada peran sains dan teknologi di dalam berbagai kehidupan masyarakat dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial terhadap dampak sains dan teknologi yang terjadi di masyarakat. Dalam hal ini, Hidayat dan Poedjiadi berpendapat sama bahwa belajar IPA melalui isu-isu sosial di masyarakat yang ada kaitannya dengan IPA dan Teknologi dirasakan lebih dekat, dan belajar IPA melalui isu-isu sosial di masyarkat yang ada kaitannya dengan IPA dan teknologi dirasakan lebih punya arti bila dibandingkan dengan konsepkonsep dan teori IPA itu sendiri.
Pembelajaran dengan menggunakan pedekatan STM memiliki ciri yang paling utama, yang dilakukan dengan memunculkan isu sosial di awal pembelajaran dan guru sebelumnya sudah memiliki isu yang sesuai dengan konsep yang akan diajarkan. Adalah suatu kekeliruan apabila seorang guru mengajarkan IPA dengan cara mentransfer saja apa–apa yang disebut di dalam buku teks kepada anak-anak didiknya. Hal ini disebabkan apa yang tersurat di dalam buku teks itu baru merupakan satu sisi atau satu dimensi saja dari IPA yaitu dimensi produk. Dengan mengikuti kegiatan ilmiah yang dilakukan dalam pembelajaran dengan pendekatan STM, siswa menyadari adanya suatu masalah dan mempunyai keinginan untuk memecahkan masalah, serta kemudian menyimpulkan fakta-fakta yang ada hubungannya dengan masalah dalam pendekatan STM di dalam semua kegiatan perlu dilakukan aktivitas yang optimal dari semua siswa.

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STM dapat meningkatkan sikap siswa yang semula kurang baik menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap kegiatan masyarakat sehari-hari seperti: (a) Tukang minuman yang sedang membuka tutup botol, (b) Ayah yang sedang mencabut paku di dinding, (c) Tukang minyak tanah yang sedang memindahkan drum besar dari bawah ka atas truk, dan (d) Paman yang sedang memindahkan lemari yang besar dari ruang tamu ke dalam kamar..












































BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN


• Pada hakekatnya sains terdiri atas tiga komponen, yaitu produk, proses, dan sikap ilmiah. Jadi tidak hanya terdiri atas kumpulan pengetahuan atau fakta yang dihafal, namun juga merupakan kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari rahasia gejala alam.

• Pembelajaran IPA masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Aktivitas siswa dapat dikatakan hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting

• Pembelajaran MIPA berdasarkan budaya adalah multiple representations yang berarti hasil belajar siswa dinilai melalui beragam tekhnik dan alat ukur, siswa pun mengekspresikan keberhasilannya dalam berbagai bentuk.

• Pendidikan MIPA sangat berperan dalam kehidupan kita sehari hari, baik itu dalam bidang tekhnologi maupun pada bidang yang lainnya



Makalah
Dasar-Dasar Pendidikan MIPA




Oleh
Kelompok 4
Nurlamu Tualeka
Ilham S. Launur
Amsia Nukuhehe
Surina Umaternate
Tina Nursadi








Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ambon
2011

NUSA EMASU

KeNaL! diRi_Q

aku jiwa yang setengah mati
terkubur oleh ego pribadi
kini ku yang tersisah hanyalah mati........